Ini Penyebab Music Stickers Instagram Belum Hadir di Indonesia
Telset — 15 May 2019 10:25

Ini Penyebab Music Stickers Instagram Belum Hadir di Indonesia

Fitur Music Stickers Instagram telah dirilis sejak tahun lalu. Namun, fitur tersebut sampai sekarang belum bisa dinikmati oleh pengguna Instagram di Indonesia. Lantas, apa penyebabnya?

Dijelaskan Communications Manager Instagram Asia Pacific, Putri Silalahi, fitur ini terbentur masalah lisensi.

Ia mengatakan, masalah lisensi yang menjadi penyebab kenapa warganet Instagram di Indonesia belum bisa menggunakan Music Stickers. Putri menjelaskan, penyedia musik dalam fitur Music Stickers tidak memiliki lisensi di Indonesia.

“Penyedia musiknya tidak punya lisensi di Indonesia. Jadi kita harus rapikan dulu. Kita mau pastikan bahwa yang ada semuanya legal. Jangankan kalian, saya pun menunggu fitur ini,” kata Putri di Jakarta, Selasa (14/05/2019)

Ia lantas menegaskan bahwa Instagram tidak ikut campur terkait lisensi musik dalam fitur ini, karena wewenangnya berada di tangan musisi dan penyedia musik di masing-masing negara.

“Mesinnya sudah ada, kapabilitasnya juga sudah ada, tinggal dibawa ke sini aja. Soal lisensi kita tidak ikut-ikutan ya, karena ini masalah artis dan penyedia musik di negaranya masing-masing,” ujar Putri.

Akan tetapi, Indonesia tidak sendiri. Putri mengklaim secara regional di Asia Pasifik baru Australia yang mendapatkan Music Stickers. Saat ini basis penggunanya sebagian besar masih di wilayah Amerika dan Eropa.

Akhir Juni tahun 2018, Instagram resmi meluncurkan fitur Music Stickers untuk Instagram Stories. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat memutar musik pada unggahan Stories mereka dengan durasi maksimal 15 detik.

Sayangnya, Instagram hanya merilisnya untuk 6 negara terpilih saja, yakni Australia, Selandia Baru, Perancis, Jerman, Swedia. Inggris dan Amerika Serikat. Padahal, banyak sekali pengguna di negara lainnya, termasuk Indonesia yang berharap untuk segera menggunakan fitur Music Stickers di unggahan Stories mereka. (NM/FHP)

512
512